Masih seputar membuat realistic 3D fabric. Pasti banyak desainer yang ingin agar hasil desainnya menjadi serealistis mungkin, bahkan seolah hasil foto dari objek nyata, bukan 3D. Tulisan ini sebagai sumber pembelajaran untuk aku pribadi, untuk mempelajari apa saja pengetahuan yang harus dipahami saat membuat realistic 3D fabric. Apa saja fungsi tools dalam Substance Sampler.
Catatanku kali ini tentang Atlas Creator, apa fungsinya? dan bagaimana mengatur parameternya?
Ini hanya sebuah catatan ringkas. Jika ingin lebih dalam silakan kunjungi Adobe untuk mempelajari lebih lanjut.
Atlas Creator
Dalam tool :
Filter Atlas Creator memungkinkan
Anda mengonversi materi dan gambar menjadi atlas. Anda kemudian dapat
menggunakan filter lain seperti Atlas Scatter dan Atlas Splitter untuk
menggunakan elemen atlas di dalam materi.
Gambar di bawah ini menunjukkan
atlas daun hutan sebelum dan sesudah diproses oleh Atlas Creator.
Pada gambar di atas, gambar atlas
telah diimpor dan dikonversi menjadi sebuah material, tetapi masih belum
menjadi sebuah material atlas karena peta opacity tidak memperhitungkan setiap
elemen.
Setelah menjalankan Atlas
Creator, peta opasitas dihasilkan, dan area antara elemen atlas diisi dengan warna dasar.
Parameter
Parameter
Dasar
- Remove Small Shapes: 0-1
Gunakan ini untuk menyesuaikan
ukuran minimum objek di dalam atlas.
- Opacity - Chrominance Influence: 0-2
Menyempurnakan tepi elemen atlas
berdasarkan nilai warna.
- Add Opacity: image/brush
Impor file untuk digunakan
sebagai topeng atau gunakan kuas untuk melukis area yang harus buram secara
langsung dalam tampilan 2D.
Panduan
Penggunaan
Siapkan
gambar Atlas
Sebelum menggunakan filter Atlas
Creator, sebaiknya Anda memastikan bahwa gambar atlas Anda telah disiapkan
dengan benar.
Atlas Creator bekerja berdasarkan
warna gambar, dan tidak mempertimbangkan transparansi. Ini berarti bahwa cara
terbaik untuk mempersiapkan gambar atlas Anda adalah memastikan bahwa ruang
antara elemen-elemen adalah hitam atau putih yang konsisten, hal ini memudahkan
Atlas Creator untuk menghasilkan mask opacity.
Menghasilkan
materi atlas dari sebuah gambar
Atlas Creator dirancang untuk
mengubah gambar atlas menjadi bahan atlas.
1. Impor gambar sumber Anda ke tumpukan layer.
2. Jika diminta untuk memilih template pembuatan material,
pilih Image to Material. Jika tidak, dengan gambar di tumpukan lapisan,
tambahkan filter Gambar ke Material (didukung AI) di atas gambar Anda.
3. Tunggu hingga filter Image to Material mengonversi gambar
sumber Anda menjadi material. Sesuaikan parameter sampai Anda puas dengan
hasilnya.
4. Tambahkan filter Atlas Creator ke bagian atas tumpukan
layer.
5. Sesuaikan parameter Atlas Creator sampai Anda puas dengan
hasilnya.
a. Tambahkan
gambar ke tumpukan layer. Jika diminta untuk memilih template pembuatan materi,
pilih Gunakan sebagai Bitmap.
b. Dengan
layer gambar yang telah dipilih, pada panel Properties ubahlah Output Usage
menjadi Base Color.
c. Tambahkan
Atlas Creator ke bagian atas tumpukan layer.
d. Sesuaikan parameter Atlas Creator sampai Anda puas dengan hasilnya - lihat opacity pada tampilan 2D untuk melihat hasil filter dengan lebih jelas.
e. Gunakan panel Ekspor untuk mengekspor saluran- yang dihasilkan.
sumber : https://helpx.adobe.com/substance-3d-sampler/filters/tools/atlas-creator.html
Post a Comment